Allah sudah menjanjikan surga bagi hambaNya yang beriman, bertakwa, rajin beribadah, berbuat baik dan selalu mentaati dan mengikuti syariat Rasulullah SAW.

Lantas, bagaimana sih gambaran kehidupan surga itu yang sudah dijanjikanNya? Secara umum, hidup di surga penuh dengan kenikmatan dan kebahagiaan didalamnya. Tidak ada orang yang mempunyai buruk rupa, tidak ada orang tua, wajah semua penduduknya memancarkan cahaya kebahagiaan. Di dalam surga tidak akan mengalami kedinginan atau juga kepanasan. Selain itu, kelak disurga selalu sejuk dan segar dikelilingi sumber mata air yang mengalir begitu indahnya.

Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan gambaran kehidupan surga menurut Al-Quran dan hadits.

1. Kehidupan di Surga Aman dan Abadi



Dalam surat Ad-Dukhan ayat 51-57 dijelaskan orang yang bertakwa akan dimasukkan ke dalam surga. Di dalam surga mereka tidak akan pernah merasakan mati. Selanjutnya Allah memberikan karunia kepada mereka sehingga bisa terhindar dari siksa api neraka. Dan apa yang mereka dapatkan itu merupakan sebuah keberuntungan yang besar.

2. Kehidupan di Surga Penuh dengan Kedamaian



Dalam surat Al-Hijr ayat 45-48 dijelaskan sesungguhnya orang yang bertakwa akan dimasukkan ke dalam surga dengan rasa aman dan sejahtera. Kemudian Allah akan menghilangkan segala rasa dendam yang ada pada hati penduduknya, semua penduduk surga adalah bersaudara, mereka tidak akan merasa lelah dan tidak akan dikeluarkan darinya.

3. Penduduk Surga Hidup dengan Segala Keindahan dan Kemewahan



Dalam surat Al-Kahfi ayat 30-31 dijelaskan Allah tidak akan menyia-nyiakan pahala orang yang mengerjakan amal baik. Mereka itu akan mendapatkan surga Adn. Dimana di dalamnya terdapat sungai-sungai yang mengalir di bawahnya. Selain itu mereka juga akan diberi perhiasan gelang emas dan mereka akan memakai pakaian hijau yang terbuat dari sutera halus dan tebal. Mereka juga akan duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang begitu indah.

4. Memperoleh Rezeki yang Tidak Ada Habisnya


Dalam surat Shaf ayat 49-54 dijelaskan bahwa orang-orang yang bertakwa akan memperoleh kehormatan dan tempat kembali yang baik yakni surganya. Didalamnya mereka akan mendapatkan buah-buahan yang banyak serta mereka akan bertelekan di atas dipan-dipan. Sungguh rezeki yang tidak akan ada habisnya.

5. Selalu Diliputi Kemudahan, Tidak Pernah Ada Kesulitan

Ada sebuah mata air surga yang akan diberikan kepada orang-orang yang mendekatkan diri kepada Allah. Sedangkan orang-orang yang berbuat baik akan diberi air dingin dan hangat yang aromanya wangi. Selain itu, ketika ingin memetik buah-buah yang ada di Surga, maka buah-buahan tersebut akan mendekat kepada para penghuni surga dan ia bebas untuk memilihnya. Begitupun ketika mereka ingin mendapatkan makan atau minum, maka akan dihidangkan kepada mereka makanan dan minuman enak dan lezat yang mengundang selera. Di dalam surga, para penghuninya tidak akan mendapatkan kesusahan sedikitpun. Apa yang diinginkan akan dengan begitu mudah untuk didapatkan.

6. Selalu Dalam Keadaan Bersih, Sehat, Tampan dan Wangi

Kondisi para penghuni surga begitu mulus, tampan dan bercahaya. Mereka akan selalu muda dan pakaiannya tidak pernah lusuh. Selanjutnya, mereka juga tidak akan sakit, meludah, beringus, buang air kecil dan buang air besar. Mereka kekal di dalam surga selalu dalam keadaan bersih, sehat, tampan dan wangi.

Rasulullah SAW bersabda: “Seruan di Surga Di surga akan ada seorang penyeru yang berkata Sesungguhnya sekarang tibalah saatnya kalian sehat walafiat dan tidak menderita sakit selama-lamanya . Sekarang tibalah saatnya kalian hidup dan tidak mati selama-lamanya. Sekarang tibalah saat kalian tetap muda dan tidak tua selama lamanya. Sekarang tibalah saatnya bagi kalian bersenang-senang dan tidak sengsara selam lamanya” (HR. Muslim).

Semoga Bermanfaat dan semoga Allah memasukkan kita kedalam Jannah-Nya.. Aamiin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *