Bagi kita yang hobi mendengar bacaan murottal Al Qur’an atau yang suka mendengar nasyid Arab Islami mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama dengan Mishary Alafasy. Selain karena keindahan suara dan bacaan Al Qur’annya, beliau juga di kenal sebagai nasyider (penyanyi nasyid).

Sheikh Mishary bin Rashid Al-Afasy Mishary Rashid Ghareeb atau Mohammed Rashed Al-Afasy adalah Qari Kuwait internasional baru, ia lahir di Kuwait pada 5 September 1976 (Minggu 11 Ramadhan 1396 H).
Ia belajar Quran di College of the Holly Quran dan Studi Islam di Universitas Islam Madinah (Kerajaan Arab Saudi), dalam spesialisasi ‘sepuluh bacaan dan terjemahan Al-Qur’an “. Dia telah belajar qiro’ah Quran kepada Sheikh Ahmed Abdulaziz Al-Zaiat, Syekh Ibrahim Ali Shahata Al-Samanodei, dan Cheikh Abdurarea Radwan. Dia terkesan sejumlah ulama besar Quran. Juga, ia telah disertifikasi oleh sejumlah ulama dari Quran. Dia membuat penampilan sering di televisi. Banyak bacaan nya dapat juga ditemukan di YouTube atau MukminTV.
Sebenarnya Sheikh Mishary Al Afasy adalah Imam Masjid Al-Kabir (Grand Masjid) di Kuwait City, dan setiap Ramadhan ia menjadi imam Sholat Tarawih di Masjid ini.
Syekh Alafasy menikah dan memiliki dua anak perempuan dan satu putra. Dia juga dijuluki Abu Nora.

PRESTASI

Pada tanggal 25 Oktober 2008, Sheikh Mishary dianugerahi Oscar Kreativitas Arab pertama oleh Uni Kreativitas Arab di Mesir. Acara ini disponsori oleh Sekretaris Jenderal Liga Arab Amr Mousa Bapak sebagai pengakuan Sheikh Mishary Alafasy peran dalam mempromosikan prinsip-prinsip dan ajaran Islam memanfaatkan teknologi modern untuk menyampaikan pesan damai Islam.
Al Afasy memiliki 2 Ruang Saluran khusus dalam membaca Al-Quran, yang pertama adalah Alafasy TV dan Alafasy Q.

Pada 24 Maret 2007 Sheikh Mishary melakukan perjalanan ke Amerika Serikat dan mengunjungi tiga masjid: Islamic Center di California Irvine, Islamic Institute of Orange County di California, dan ICD (Islamic Center of Detroit) di Michigan. Rekaman audio bacaan selama kunjungannya ke Amerika dapat ditemukan di situsnya, dan juga di YouTube atau MukminTV.

Pada September 2009, Sheikh Mishary melakukan perjalanan ke ICOI atau Pusat Islam Irvine, tetapi harus pergi lebih awal karena untuk keluarga darurat.
Pada bulan agustus 2009 Syaikh Alafasy merilis sebuah nasyid yang diberi nama “Ramadhan” dimana ia mengkombinasikan 3 bahasa. bahasa arab, inggris dan perancis dalam nasyid tersebut. Nasyid tersebut bisa anda simak di video ini:

Untuk melihat videonya yang lain, sahabat bisa mengunjung akun youtubenya  di /user/alafasy.

INFO PRIBADI

Nama: Mishari Bin Rashid Gharib Muhammad bin Rashid Alafasy

Kebangsaan: Kuwait

Tempat dan Tanggal lahir: Kuwait, Minggu, 11 Ramadhan 1396 H. – 5 Sep. 1976 M.

Keluarga: Ia menikah, memiliki dua putri dan satu putra. Ia disebut oleh Kunya – “Abu Rashid.

Study: College of the Holly Quran dan Studi Islam di Universitas Islam Madinah

Pekerjaan: Qari’, Imam dan Khathib di Departemen Urusan Wakaf dan Islam di Kuwait, Imam Masjid Al-Kabir (Grand Masjid) di Kuwait City

PENGENALAN HAFALAN

Beliau sudah menyetor dan memurojaah hafalan Al Qur’an beliau pada beberapa Syaikh, antara lain:

• Syaikh / Ahmed Bin Abd-AlAziz Azziat (Semoga Allah merahmatinya)

• Sheikh Ali Shehatah Ibraheem Al-Samannodi

• Sheikh Abd Al-Rafea Ridwan El-Sharqawy

• Sheikh Ahmed Al-Esa Moaserawy

DISKROGRAFI

Album Nasyid  beliau hingga saat ini:
Viper Eyes (Oyun A-‘Afe’i)-1425-2004
Lays Al-Gharib-1426-2005
Yearning (Haniny)-1427-2006
Young Heart (Qalby Shagir)-1428 – 2007
Memories (Thekrayat)-1429 – 2008
Anaqeed 1 – 1430 – 2009
Anaqeed 2 – 1431 – 2010
Daughters of Wind (Banaat Ar-Riih) – 1432 – 2011
Hearts Be Merciful – (Tarahamy Ya Quluub) 1433 – 2012
LAYANAN

Alafasy Mobile: Layanan World Wide yang membuat Anda up to date dengan Tilawah Eksklusif, inshad, Hadits, dan Lainnya di Ponsel.
Alafasy TV: TV Channel pada NileSat dengan berbagai macam shows, Tujuan utamanya adalah Al-Qur’an

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *